Warga Desa Pondok Beringin Keluhkan Kondisi Jalan Setapak Dan Drainase

Warga Desa Pondok Beringin Keluhkan Kondisi Jalan Setapak Dan Drainase
Kondisi jalan desa Pondok Beringin tampak sangat memprihatinkan

KERINCI, JAMBI - Warga Desa Pondok Beringin Kecamatan Tanah Cogok, kabupaten Kerinci Keluhkan Kondisi Jalan Setapak dan Drainase, (26/11/2020).

Pembangunan infrastruktur jalan lingkungan, drainase. dipandang perlu dan diprioritaskan dalam lingkungan dalam skala desa, karena hal tersebut merupakan kenyamanan akses warga dalam beraktifitas dalam lingkungannya.

Menurut warga, berdasarkan Amanat (UU Nomor 06 Tahun 2014 dalam Pasal 24 huruf d) Tentang Desa, Penyelengaraan pemerintahan Desa berdasarkan asas keterbukaan. Anggaran dana Desa yang beralokasi harus terbuka dan transparan.

UU Nomor 06 Tahun 2014 Pasal 82 menyatakan, bahwa Masyarakat Desa berhak mendapatkan informasi mengenai rencana dan pelaksanaan Pembangunan Desa dan masyarakat desa berhak melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan Pembangunan Desa.

Salah seorang warga desa pondok beringin kecamatan tanah cogok yang enggan disebutkan namanya kepada media ini membeberkan, sudah kurang lebih tiga tahun Mufti Alim menjabat sebagai Kepala Desa Pondok Beringin, Jalan Setapak, Drainase untuk RT 03 Lorong Teratai tidak diperhatikan sama sekali, dan terkesan ada unsur kesengajaan hingga jadi terbengkalai.

"Pada hal jauh sebelum ini sudah diusulkan dalam musyawarah desa agar pembangunan jalan setapak tersebut dan drainase segera direalisasikan, malah Kepala Desa memprioritaskan jalan usaha tani yang ada disamping Kantor Desa, " bebernya.

Semestinya, kata warga, sebagai Pemimpin harus bijak menentukan pilihan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu, dengan suatu alasan jalan yang ada dalam suatu desa kondisinya sangat memprihatinkan dan terkesan kumuh.

Dijelaskannya, Itu harus diprioritaskan, karena masyarakat akan berlalu lalang untuk beraktifitas, sehingga menimbulkan pengaruh yang tidak baik disekitar lingkungan tersebut. Selain berpengaruh pada kebersihan lingkungan desa juga berpengaruh pada kenyamanan dalam arus transportasi desa.

"Setau dan seingat kami, pembangunan jalan lingkungan di RT.03 Lorong Teratai, dibangun pada masa jabatan jabatan PJS sebelum ini. sudah sewajarnya jalan dilokasi ini dibangun kembali karena sudah dimakan usia dan sudah rusak parah, " ungkapnya.

Kendati demikian, dia berharap adanya perhatian lebih dari Kepala Desa Pondok Beringin untuk melakukan pemerataan pembangunan, memperhatikan dan memprioritaskan pembangunan jalan lingkungan terutama di RT.03 Lorong Teratai karena sudah sangat memprihatinkan sekali. Apalagi setelah diguyur hujan, badan jalan menjadi sangat becek sekali.

"Terkahir kami juga sangat berharap adanya transparansi Kepala Desa ditengah masyarakat terkait rencana pembangunan maupun kegiatan lain dalam desa ini. Agar peran seorang kepala desa dalam memimpin ditengah masyarakat, tidak terkesan ingin memperkaya diri dari kucuran Alokasi Dana Desa tersebut, " tutupnya.

Hingga berita ini dipublis, Mufti Alim kades Pondok Beringin belum dapat untuk dikonfirmasi.(sony)

JAMBI KERINCI
soniyoner

soniyoner

Previous Article

Bupati Kerinci Pimpin Upacara Peringatan...

Next Article

Milad ke-88, Bupati Adirozal Ajak Pemuda...

Related Posts

Peringkat

Profle

INDONESIA SATU verified

Ratna Palupi

Ratna Palupi

Postingan Bulan ini: 144

Postingan Tahun ini: 652

Registered: Jan 24, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 119

Postingan Tahun ini: 555

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 109

Postingan Tahun ini: 892

Registered: Sep 22, 2020

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 77

Postingan Tahun ini: 378

Registered: Sep 25, 2020

Profle

Widian.

Warga Amaliah Geger, Temukan Mayat Yang Sudah  Membusuk
Satu Bulan,  Erman Safar Renovasi Total Pasar Bawah Bukittinggi
Tim Reskrim Polres Nias Lakukan Cek TKP, Pj.Kades dan Bendahara Desa Miga Tidak Hadir
Bosan Menunggu Janji, Dua Ormas Tolaki Gelar Aksi Demo di PT VDNI

Follow Us

Recommended Posts

Tony Rosyid: Ditolak Kemenkumham, Moeldoko Berpeluang Menang di PTUN
Pentingnya Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dan Guru di Era Globalisasi
Seleksi Ketat, Lima Putra Terbaik dari Kota Sungai Penuh Ikut Seleksi Timnas Ajang Sepak Bola
Bupati Merangin Al Haris: Tarawih dan Sholat Ied Boleh
Oknum Pemenang Pilkades Desa Baru Pulau Sangkar Dilaporkan ke Polres Kerinci